Siswa Bakal Dapat Kuota Gratis 35 GB per Bulan, Jangan untuk TikTok-Game!

Pemerintah akan memberikan subsidi kuota internet sebanyak 35 GB per bulan kepada siswa untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) meminta siswa untuk tidak menggunakan kuota di luar pembelajaran seperti bermain TikTok.
"Imbauan itu harus ada pengawasan dari guru-guru dari orang tua ya kan, bagaimana anak-anak ini mampu menggunakan 35 GB sebulan dengan secara tepat untuk pembelajaran bukan untuk media sosial seperti TikTok yang tidak ada nilai-nilai edukatifnya," kata Sekjen FSGI, Satriwan Salim saat dihubungi, Kamis (27/8/2020).
Satriwan juga meminta hal ini tidak jadikan kesempatan untuk bermain game online. Dia menyebut para guru harus sudah mulai membaca situasi untuk memberikan pengawasan agar siswa bisa mengikuti seluruh mata pelajaran secara daring.

"Yang kedua termasuk dengan main game, PUBG atau game apa sekarang kan gitu. Nah tentu pengawasan dari guru ini penting misalnya kan terbaca ya, guru memberikan pesan seperti apa, berapa mata pelajaran sehari, seminggunya berapa, lalu sebulannya berapa, nah seperti itu akan terbaca semestinya oleh guru-guru khususnya oleh wali kelas," ucap Satriawan.

Menurut Satriawan, peran wali kelas sangat diperlukan disamping pengawasan dari orang tua. Hal itu dilakukan agar komunikasi antar siswa dan guru dalam pembelajaran daring dapat berjalan efektif.

"Iya betul yang sangat intens itu sekarang adalah peran serta dari wali kelas untuk mengawasi bersama orang tua berkomunikasi dengan orang tua selama anak-anak pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akan memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen. Subsidi kuota akan diberikan selama September-Desember 2020.

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3 sampai 4 bulan ke depan," kata Nadiem dalam raker bersama Komisi X DPR RI, di MPR/DPR RI, Senayan, Kamis (27/8).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Siswa Bakal Dapat Kuota Gratis 35 GB per Bulan, Jangan untuk TikTok-Game!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel