PNS Datang, GTT Disuruh Cari Sekolah Lain/Mengundurkan Diri

PNS Datang, GTT  Disuruh Cari Sekolah Lain/Mengundurkan Diri


Guru Tidak Tetap (GTT) khususnya yang bertugas di Sekolah Dasar (SD) saat ini merasa khawatir dan mulai mencari sekolah lain untuk pindah. Pasalnya ada isu guru yang berstatus pegawai negeri dan baru lulus saat tes CPNS tahun ini akan menggantikan pekerjaannya.


Salah satu guru tidak tetap,  mengaku disuruh mencari sekolah lain untuk pindah, lantaran di sekolahnya tempat mengajar akan datang guru PNS yang lulus tes CPNS tahun kemarin. Merasa akan kekurangan jam mengajar, GTT ini pun sontak merasa khawatir akan dipindah kemana oleh kepala sekolahnya. "Mungkin semua GTT juga merasa waswas karena sebagian besar guru PNS akan mulai masuk katanya. Jadi kami seperti terombang-ambing jadinya. Kami berharap diberikan kepastian," ungkapnya.

baca juga : 

Trik mendapatkan Tunjangan Fungsional


Terkait hal itu, Kepala Sekolah menegaskan pihaknya tidak ada memindahkan GTT ketika Guru PNS didatangkan ke masing-masing sekolah. "Saya harapkan GTT tetap bekerja sesuai tugasnya di sekolah yang ditetapkan, sesuai penempatannya dulu. Semuanya diatur oleh kepala sekolah masing-masing, terutama pembagian jam mengajarnya, karena saat ini kita masih kekurangan guru. Saya kira pembagian jam itu tidak sulit," pintanya, Rabu (30/1).


Dalam kesempatan tersebut, dia juga menjelaskan jika ada memindahkan GTT itupun atas dasar permintaan orang bersangkutan sendiri.  Menurutnya dinas mempunyai ranah dalam kebijakan bukan teknis, sehingga GTT diharapkan jangan merasa resah terlebih dahulu, dan kepala sekolah juga harus secara profesional membagi jam mengajar kepada guru honor, GTT, maupun PNS. 


Dia juga mengatakan kalau dibandingkan dengan jam mengajar dan guru yang ada, sampai mengangkat guru berarti guru kurang. Secara umum pada tingkat SD ia mengatakan tidak kekurangan jam mengajar, lantaran pembagian tersebut merupakan kebijakan kepala sekolah yang ada.  "Kalau GTT jam mengajarnya kurang dari 24 jam tidak masalah karena memang tidak dituntut. Diutamakan kepsek, guru senior atau guru negeri, baru  sisanya untuk GTT. Biasanya siapa yang dekat dengan kepsek, dia dikasi jam lebih, makanya kami harapkan profesionalnya," tegasnya. 


Ditambahkan, pihaknya  akan memindahkan guru, termasuk GTT berdasarkan pengajuannya sendiri. Demikian pula berdasarkan data guru yang ada, situasi guru itu secara psikis, dan hal yang lainnya. Mulai dari sakit, kurang nyaman di sekolah bersangkutan, maka hal itu yang akan menjadi pertimbangan untuk dipindahkan.  "Imbauan saya kepsek jangan mengusir GTT saat guru PNS datang. Karena  GTT sepanjang tidak diangkat, sesuai surat kerja masih di sekolah itu, ya tetap saja di sana. Kami tidak pernah memindahkan guru  kecuali atas permintaannya sendiri yang diajukan ke dinas," tandasnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PNS Datang, GTT Disuruh Cari Sekolah Lain/Mengundurkan Diri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel