Pemda Harus Tingkatkan Kesejahteraan Guru GTT


 Upaya pemerintah daerah meningkatkan kualitas guru, patut mendapatkan dukungan. Seiring dengan meningkatnya kualitas guru PNS maupun GTT/PTT, hendaknya pemerintah daerah juga memikirkan kesejahteraan para tenaga pendidik tersebut.

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Yogyakarta, Eko Suwanto menegaskan hal tersebut saat berdialog bersama dengan guru negeri dan swasta di Grobok Ingkung, Timoho, Yogyakarta, Rabu (18/7).

"Guru memiliki tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa. Ajarkan budi pekerti guna mencerdaskan siswa, tapi lebih dari itu, guru di sekolah di semua tingkatan berperan transfer values, mengajarkan nilai budi pekerti,'' katanya.

Eko menyatakan, dirinya memahami problematika yang sering dikeluhkan oleh guru, sebab ibunya sendiri adalah guru juga yang sering memberikan masukan kebutuhan kebijakan yang tepat untuk peningkatan kualitas guru.

Dalam dialog bersama GTT/PTT bersama dengan 150-an Guru dan GTT/PTT perwakilan dari Kota Yogyakarta, Eko mengemukakan sejumlah poin rekomendasi.

"Peningkatan kualitas guru lewat kesempatan beasiswa bagi guru dari D3 menjadi S1, S1 ke S2, dan S2 ke S3. Kita dorong Pemda DIY serius programkan kualitas guru, selain pelatihan-pelatihan, langkah meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru adalah kebutuhan mendasar,'' ujarnya.

Dia menambahkan peningkatan kesejahteraan guru, baik PNS maupun GTT PTT melalui APBD perlu untuk tetap mengedepankan azas kemakmuran, kesejahteraan dan kemampuan keuangan daerah. "Kita dukung Pemda DIY meningkatkan insentif GTT/PTT diatas UMK secara bertahap. Kenaikan bisa dimulai tahun anggaran 2019," katanya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemda Harus Tingkatkan Kesejahteraan Guru GTT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel