2019, NASIB PNS Vs NASIB GTT


INI NASIB PNS DI TAHUN 2019

Pemerintah akan menaikkan gaji pokok bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan sebesar 5 persen mulai Januari 2019. Lalu, berapa dana yang disiapkan Kementerian Keuangan untuk kenaikan gaji PNS?

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani Jasi, menyebutkan dana yang akan disiapkan sebesar Rp 5 sampai Rp 6 triliun. Dana tersebut khusus untuk PNS yang berada di pemerintahan pusat.

"Gaji pokoknya sekitar Rp 5 triliun sampai Rp 6 triliun untuk kenaikan gaji pokok," kata Askolani, Jumat (17/8).

Sedangkan untuk pemerintahan daerah akan dialokasikan dari dana alokasi umum (DAU) yang akan disalurkan ke daerah senilai Rp 414,9 triliun.

"Untuk daerahnya masuk APBD dan diperhitungkan dalam DAU yang dipertimbangkan ke APBN," kata Askolani.

Sementara itu, untuk THR dan Gaji ke-13 Askolani menyebutkan akan tetap diberikan kepada PNS begitu juga dengan tunjangankinerja (tukin).

Adapun tukin diberikan berdasarkan evaluasi kinerja dari Kementerian atau Lembaga oleh Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang nilainya akan menentukan besaran yang akan diterima para PNS.

"Masing-masing kementerian lembaga itu beda posisinya, ada yg 47 persen, 60 persen, 70 persen dan 80 persen. Kita harapkan, Menpan, Menkeu semakin naik persentase grading para PNS, supaya dia betul-betul maksimal melakukan reformasi dan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya," ujar Askolani.

Askolani menjelaskan selain untuk menjaga dampak inflasi terhadap gaji pokok, kenaikan gaji PNS juga akan membantu PNS yang bersangkutan ketika pensiun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, kenaikan gaji pokok bagi PNS dan pensiunan 5 persen mulai Januari 2019, adalah hal yang wajar.  Sebab, hampir 4 tahun pemerintah Jokowi-JK, para ASN tak pernah merasakan kenaikan gaji.

Hal itu untuk menjawab adanya anggapan bahwa kenaikan gaji ini bersifat politis karena bertepatan dengan Pilpres 2019, di mana Presiden Joko Widodo maju sebagai petahana.

NASIB GTT TAHUN 2019

Masih seperti tahun-tahun yang lalu nasib GTT masih tetap SABAR  semoga cepet di angkat menjadi ASN/PNS 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2019, NASIB PNS Vs NASIB GTT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel